Select Language Here

Pages

Minggu, 20 Mei 2012

Juventus Kembali Meraih Gelar Juara

Juventus F.C

Setelah Enam Tahun, Melalui Jalan Yang Berlika-liku, Juventus Akhirnya Bisa Kembali Menjadi Juara.

2006
 
2 Mei
Sepakbola Italia dan dunia dikejutkan dengan pemberitaan hasil investigasi para Jaksa Naples terhadap agensi GEA World. Hasil investigasi membuka pembicaraan-pembicaraan yang diduga berusaha mempengaruhi wasit dan keterlibatan wasit selama musim 2004/05. Pada prinsipnya, skandal ini melibatkan manajer umum Juventus pada saat itu, Luciano Moggi. 

Luciano Moggi


14 Mei
9 KEMENANGAN BERUNTUN MENUJU GELAR KE 29
Setelah menambah amunisi dengan mendatangkan Mutu dan Chiellini serta Vieira, Juve memulai musim 2005-2006 dengan performa lebih baik. Mereka berhasil membukukan 9 kemenangan beruntun sebelum berakhir di tangan AC Milan. Segera setelahnya, para pemain Juve menunjukkan performa apik di awal musim dengan menundukkan Roma 4-1 dan Fiorentina 2-1 sekaligus meninggalkan para pesaing terdekatnya. Pada Februari 2006, Juventus yang saat itu berada di posisi pertama memenangi pertandingan super penting lawan Inter. Mereka hanya butuh hasil imbang lawan AC Milan di pertandingan berikutnya untuk memastikan gelar juara. Sementara itu di Liga Champions, mereka harus takluk di perempat final dari tangan Arsenal (finalis saat itu) 0-2 dan 0-0. Di sisi lain, pada sisa akhir musim, Juventus dinyatakan terlibat dalam sebuah investigasi yang melibatkan petinggi mereka, Luciano Moggi dan Antonio Giraudo. Hal ini terbukti dari terungkapnya beberapa percakapan telepon oleh kedua orang tersebut.
Kemenangan 2-0 atas Reggina di Bari dinyatakan sebagai scudetto Juventus ke-29. Namun, bertambahnya bukti membuat klub akan mendapatkan hukuman yang sangat berat.

Juventus Scudetto 2005/2006

Don Fabio membawa Juventus meraih Scudetto ke 29


4 Juli
Dalam kasus percobaan Calciopoli, Jaksa Federal Stefano Palazzi meminta agar Juventus mendapatkan hukuman keras, yakni berada di posisi terbawah ketimbang Serie B dengan penalti enam poin dan kehilangan gelar musim 2004/05 dan 2005/06.

9 Juli
Timnas Italia memenangi Piala Dunia 2006, ditandai dengan lima pemain inti berasal dari Juventus. Kesuksesan ini menjadi bukti kalau Juve masih menjadi sebuah kekuatan besar.
Italy Juara Piala Dunia 2006


14 Juli
Keputusan akhirnya keluar. Juventus kehilangan dua scudetto, terdegradasi ke Serie B, dan mengawali musim dengan kehilangan 30 poin.

25 Juli
Dalam banding yang pertama, klub gagal memenangi kembali gelar juara yang sudah didapat dan harus berkompetisi di Serie B dengan pengurangan 17 poin.

31 Agustus
Hari terakhir transfer pemain. Sejumlah pemain top, seperti Ibrahimovic, Vieira, Cannavaro, Thuram, Zambrotta, dan Emerson pergi. Pelatih Fabio Capello juga pergi. Gianluigi Buffon, Alessandro Del Piero, David Trezeguet, Pavel Nedved, dan Mauro Camoranesi bertahan, dengan Didier Deschamps jadi pelatihnya.

Skuad Juventus 2006 berakhir


9 September
Juventus mengawali musim baru dengan hasil imbang 1-1 lawan Rimini di hadapan kurang dari 10.500 penonton. Buffon dan Del Piero masuk ke dalam starting XI, tepatnya dua bulan usai tampil di final Piala Dunia.
Skuad Juventus di Serie B


12 Desember
Juventus mulai tampil lebih baik berkat kontribusi Del Piero dan Trezeguet. Hasil banding akhir terkait kasus Calciopoli, klub mendapat pengurangan delapan poin dari yang sesungguhnya. Mereka pun kian percaya diri untuk bisa promosi.
Del Piero dan Trezeguet


15 Desember
Tragedi terjadi di Vivono. dua pemain muda Juventus, Alessio Ferramosca dan Riccardo Neri, meninggal dunia. Pertandingan lawan Cesena akhirnya harus ditunda untuk menghormati kejadian tersebut.

2007

19 Mei
Juventus akhirnya kembali berpromosi ke Serie A. Kemenangan 5-1 yang diraih di Arezzo memastikan langkah mereka untuk kembali ke kompetisi papan atas, meski masih menyisakan tiga pertandingan lagi. Dalam pertandingan ini, Del Piero dan Giorgio Chiellini masing-masing menyumbang dua gol, satu gol lagi dicetak David Trezeguet. Meski kalah di dua pertandingan akhir, Juve tetap keluar sebagai juara Serie B.
Juventus kembali ke Serie A dengan keluar sebagai Juara Serie B


25 Agustus
Juventus kembali ke kompetisi papan atas dengan kemenangan impresif 5-1 atas Livorno di partai pembuka. Pemain baru, Vincenzo Iaquinta, mencetak dua gol, dan Trezeguet satu gol. Sekaligus memberikan pelatih Claudio Ranieri penampilan perdana yang sempurna.
Skuad Juventus 2007/2008


4 November
Juventus menghadapi Inter, tim yang paling diuntungkan dengan kasus Calciopoli. Camoranesi akhirnya mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 di babak kedua. Hasil itu adalah fair untuk Juventus karena hingga paruh musim mereka mampu mencatatkan sepuluh kemenangan dan hanya kalah dua kali. Di kandang Inter pada 22 Maret 2008, Juve menang 2-1.
Camoranesi membawa juventus menyamakan kedudukan

2008

17 Mei
Juventus langsung finis di peringkat ketiga di musim perdana kembali ke Serie A. Mereka akhirnya bisa kembali ke pentas Liga Champions setelah dua tahun absen. Del Piero menjadi pencetak gol terbanyak di Serie A dengan torehan 21 gol.
I Cappitano menjadi Capocanonieri Serie A 2007/2008


13 Agustus
Juventus akhirnya memastikan tiket di putaran grup Liga Champions usai kemenangan 4-1 di kandang sendiri atas Artmedia Petrzalka, tepatnya di leg pertama putaran kualifikasi ketiga. Camoranesi, Del Piero, dan Chiellini membawa tim unggul di babak pertama, dan Nicola Legrottaglie memastikan kemenangan besar di babak kedua. Hasil imbang 1-1 di leg kedua sudah cukup memastikan tiket Juve.

31 Agustus
Berakhirnya bursa transfer pemain ditandai dengan perekritan besar Amauri. Pemain asal Brasil itu tiba dari Palermo dengan harga €22,8 juta. Christian Poulsen juga datang dari Sevilla, sementara pemain produl lokal seperti Sebastian Giovinco dan Claudio Marchisio kembali dari masa peminjaman di Empoli.

5 November
Setelah kemenangan 2-1 atas Roma di pertandingan Serie A di Stadio Olimpico, Juventus melanjutkan tren positif saat bertandang ke markas Real Madrid di putaran grup Liga Champions dengan kemenangan 2-0. Hasil itu memastikan langkah Juve lolos ke babak 16 besar. Dua gol itu dicetak Del Piero. Juve akhirnya memastikan diri lolos sebagai juara grup.
Del Piero usai mencetak gol ke gawang Real Madrid di fase Grup Liga Champions


2009

10 Maret
Juventus harus terhenti babak 16 besar karena kalah agregat dari Chelsea 3-2. Di pertemuan pertama di Stamford Bridge, Juve kalah 1-0, sementara di leg kedua di Turin, pertandingan berakhir imbang 2-2. Gol Didier Drogba pada menit ke-83 membawa The Blues lolos ke perempat-final.

18 Mei
Menyusul tujuh pertandingan tanpa kemenangan, ditandai dengan hasil imbang 2-2 lawan Atalanta di pekan ke-38, Ranieri akhirnya dipecat dan digantikan Ciro Ferrara. Pelatih baru itu langsung dihadapkan pada dua pertandingan sisa di akhir musim. Kemenangan atas Siena dan Lazio membuat Juve finis di peringkat kedua. Posisi Ferrara pun aman untuk musim berikutnya.

23 Agustus
Juventus mengawali musim yang baru dengan kedatangan muka-muka baru pula. Felipe Melo dan Diego didatangkan dengan dana besar, sementara Cannavaro kembali dan Fabio Grosso dijual ke Lyon. Kemenangan impresif 4-1 atas Cisco Roma di pertandingan persahabatan memberikan harapan dengan kedatangan sejumlah pemain baru.

5 Desember Chiellini dan Marchisio membawa Juventus menang 2-1 atas Inter sekaligus unggul atas sang rival dengan empat poin. Dalam pertandingan ini, Jose Mourinho sempat diusir wasit menyusul tepukan tangannya atas sang pengadil lapangan. The Special One kecewa karena wasit memberikan tendangan bebas, yang berbuah berbuah gol kemenangan. Felipe Melo juga diusir wasit karena sebuah tindakannya terhadap pemain lawan.

Selebrasi Setelah Gol Chiellini
Ciro Ferrara Dan Jose Mourinho di akhir pertandingan

8 Desember
Juventus menelan kekalahan 4-1 dari Bayern Munich sekaligus menyudahi perjalanan mereka di putaran grup Liga Champions. Ini merupakan pertandingan terakhir Juve di babak grup. Mereka kalah bersaing dengan Bayern dan Bordeaux, yang berhak lolos ke babak 16 besar.

2010

24 Januari Setelah tidak tampil lagi di Liga Champions, Juventus justru menelan enam kekalahan dari tujuh pertandingan. Kondisi itu membuat Ferrara harus dipecat. Secara mengejutkan, klub menunjuk Alberto Zaccheroni.

18 Maret
Kemenangan 3-1 di Leg pertama
 
Kemenangan 3-1 atas Fulham di leg pertama babak 16 besar Liga Europa tidak mampu dipertahankan Juventus karena mereka justru kalah 4-1 di pertemuan kedua. Juve tersingkir karena kalah agregat 5-4.

15 Mei
Setelah beberapa kali menelan kekalahan hingga akhir musim, petualangan Zaccheroni berakhir. Juve finis di peringkat ketujuh. Dengan demikian, mereka harus mengawali kompetisi musim depan dengan lebih dahulu tampil di kualifikasi Liga Europa. Luigi Del Neri ditunjuk sebagai pelatih baru menyusul keberhasilannya membawa Sampdoria ke Liga Champions

29 Juli
Juventus mengawali musim dengan kemenangan tandang 2-0 atas Shamrock Rovers di Liga Europa. Mereka sebenarnya mencatatkan empat kemenangan di kualifikasi ini. Namun, enam hasil imbang beruntun di putaran grup memaksa mereka harus tersingkir lebih dahulu di kompetisi nomor dua di Eropa itu.

12 December
Gol bunuh diri Fernando Muslera saat berusaha mengantisipasi crossing Milos Krasic membuat Juventus menang 2-1 atas Lazio. Hanya kalah dua kali dari 16 pertandingan liga membuat mereka memiliki harapan untuk finis di peringkat keempat, batas akhir Liga Champions.

2011

6 Januari
Tahun baru mulai menjadi ancaman buat Juventus. Fabio Quagliarella harus mengakhiri musim lebih dini karena cedera lutut. Felipe Melo diusir wsit saat Juve kalah 4-1 dari Parma. Pemain yang dipinjamkan Juve ke Parma, Sebastian Giovinco, mencetak dua gol. Tiga hari kemudian giliran hat-trick Edinson Cavani yang membuat Juve terkapar 3-0 dari Napoli.

15 Mei
Giovinco kembali jadi masalah buat Juventus dengan kekalahan 1-0 dari Parma. pekan berikutnya, Juve hanya bermain imbang 2-2 dengan Napoli. Si Nyonya Tua akhirnya finis di peringkat ketujuh.

31 Mei
Antonio Conte ditunjuk sebagai pelatih baru Juventus setelah Del Neri dipecat. Kedatangan mantan gelandang Juve itu adalah sepuluh hari setelah pihak klub berhasil merekrut Andrea Pirlo, setelah kontrak sang pemain tidak diperpanjang Milan.

Antonio Conte Menjadi Pelatih Juventus

Andrea Pirlo Resmi pindah ke Juventus

8 September
Era baru telah datang, ditandai dengan peresmian Juventus Arena. Pembukaan stadion baru ini ditandai dengan laga persahabatan dengan Notts County. Posisi stadion baru tepat di atas stadion lama klub, Stadio Delle Alpi. Luca Toni mencetak gol pertama di stadion ini, tepatnya pada menit ke-53.

Notts Country Menjadi Club Kehormatan Peresmian Stadio Juventus Arena

2 Oktober
Dua gol telat Marchisio memberikan kemenangan 2-0 atas Milan. Juventus kian menunjukkan gaya permainan dengan pressing tinggi dan ambisi kemenangan.

2012

21 Januari
Kemenangan di Atalanta menyempurnakan catatan tak terkalahkan Juventus hingga paruh pertama musim ini. Mereka unggul satu poin dari Milan. di bursa transfer Januari, Martin Caceres, Simeone Padoin, dan Marco Borriello didatangkan.

25 Februari
Musim tak terkalahkan Juventus masih berlanjut setelah pertandingan sengit 1-1 lawan Milan di San Siro. Gol Sulley Muntari digagalkan hakim garis saat Milan unggul. Beruntung, Alessandro Matri mampu menyamakan kedudukan. Arturo Vidal sempat diusir wasit saat pertandingan akan berakhir.

Gol Hantu Sulley Muntari

20 Maret
Meski sempat kalah hingga pertandingan leg kedua Coppa Italia berlangsung 90 menit, Juventus akhirnya memastikan diri lolos ke babak final berkat keunggalan agregat 4-3 di masa tambahan waktu. Mirko Vucinic memastikan langkah Juve setelah peluang pertama Del Piero.

25 Maret
Juventus meraih kemenangan 2-0 atas Inter sehingga menjadi tim yang paling difavoritkan untuk meraih gelar. Del Piero menyumbang gol kedua, tepatnya pada menit ke-71.' Sebelumnya Juve bahkan menang 5-0 atas Fiorentina.

6 Mei
Kemenangan Juventus 2-0 atas Cagliari, di saat yang bersamaan Milan kalah 4-2 dari Inter, memastikan Bianconeri meraih scudetto yang ke-28 musim ini. Vucinic mencetak gol pembuka, dan akhirnya digandakan lewat gol bunuh diri Michele Canini.


13 Mei 
Juventus secara luar biasa berhasil menjadi scudetto tanpa terkalahkan usai mengandaskan Atalanta 3-1 di giornata ke-38. Salah satu gol kemenangan Bianconeri dicetak Alessandro Del Piero. Bertanding di Juventus Arena pada Minggu (13/5/2012) malam WIB, Juventus tetap menurunkan tim terbaiknya kendati telah memastikan diri sebagai juara. Andrea Pirlo ditampilkan sejak menit pertama. Saat Del Piero diganti Simone Pepe pada menit ke-58, juara dunia 2006 tersebut melakukan lap penghormatan dengan mengelilingi lapangan. Para Juventini pun langsung membuat standing ovation kepada pemain yang telah 19 tahun membela Bianconeri tersebut. Seusai pertandingan, trofi Serie A diserahkan kepada Juventus. Pesta pun meledak di Juventus Arena. Para pemain dan fans sama-sama larut dalam euforia merayakan gelar scudetto mereka yang ke-28.
 

Juventus Scudetto 2011/2012

Juventus juga tak terkalahkan sepanjang musim 2011/2012 ini dengan torehan 23 kemenangan dan 15 kali seri dan meraih 84 poin.







0 comments:

Posting Komentar